Kesehatan | 10 August 2023

Ini 5 Kandungan Sabun Mandi yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Bagikan artikel
E-mail
Facebook
Whatsapp
Twitter
image

Banyaknya pilihan sabun mandi di supermarket memang terkadang membuat bingung. Belum lagi sabun mandi yang cocok untuk digunakan bersama dengan si kecil dan keluarga. Untuk menjawab hal tersebut yuk simak kandungan apa saja sih yang baik untuk sabun mandi dan aman digunakan di rumah! 


1. Pilih yang berbahan dasar alami

Dalam memilih sabun mandi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah kandungan utama dari sabun tersebut. Kalau Moms ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil dan keluarga, Moms perlu untuk memilih sabun mandi yang berbahan dasar alami. Selain aman untuk kulit, sabun mandi berbahan dasar alami ini cenderung mengurangi resiko iritasi yang akan terjadi pada kulit. Sabun mandi yang berbahan dasar alami ialah sabun mandi yang terbebas dari bahan kimia lainnya. Kandungan alami yang biasa ada dalam sabun mandi ialah seperti lidah buaya, madu, green tea, tea tree maupun sea salt. Sebagai contoh, sabun mandi yang berbahan dasar alami bisa Moms dan keluarga temukan dalam kandungan sabun mandi Biodef yakni Body Wash Mint + Sea Salt yang dikenal ampuh untuk membersihkan kulit secara mendalam. Adapun sea salt atau garam  laut ini dikenal efektif untuk melembabkan kulit dan mengurangi jerawat yang ada pada tubuh atau punggung. 


2. Perhatikan parfum pada sabun

Beberapa orang termasuk anak kecil yang memiliki kulit sensitif seringkali mengalami iritasi dan kemerahan akibat penggunaan sabun mandi yang mengandung parfum.Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan lebih detail kandungan parfum apa yang dimiliki oleh sabun yang akan digunakan. Hindari penggunaan sabun dengan kandungan parfum berbahan dasar kimia. Gunakanlah sabun dengan parfum yang berasal dari essential oil alami agar lebih aman dan cocok untuk digunakan pada kulit si kecil. 


3. Tanpa paraben dan kimia berbahaya 

Pada sabun mandi, paraben berfungsi untuk memberikan pengawet serta membantu membunuh bakteri pada kulit. Namun penggunaan paraben yang berlebihan dapat membuat kulit beresiko mengalami penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Oleh karena itu, lebih baik hindari penggunaan sabun yang memiliki kandungan paraben di dalamnya. Mulailah untuk menggunakan sabun mandi tanpa kandungan paraben serta bahan kimia berbahaya. 


4. Hindari sulfat (SLS/SLES)

Kandungan sulfat merupakan kandungan yang menimbulkan busa mandi saat digunakan. Kandungan ini memang membuat mandi menjadi lebih menyenangkan karena busa yang dihasilkan. Namun SLS/SLES (sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate) membuat kulit cenderung lebih kering setelah penggunaannya. Tak jarang kandungan ini pula dapat membuat kulit menjadi iritasi, gatal-gatal atau bahkan kemerahan. 


5. Mengandung bahan pelembab alami 

Penggunaan sabun mandi tanpa dibarengi dengan bahan pelembab di dalamnya tentu akan menjadi kering dan kasar. Belum lagi penyakit dan resiko setelahnya yang menghampiri. Oleh karena itu, penggunaan sabun mandi yang baik dan sehat untuk kulit ialah yang mengandung bahan pelembab alami di dalamnya. Bahan pelembab alami ini dapat berbagai macam seperti coconut oil, shea butter, vitamin E  dan lain sebagainya. 


Untuk meningkatkan kelembaban pada kulit serta menghindari penyakit kulit akibat kulit yang kering, Moms perlu lebih selektif dalam memilih sabun mandi. Untuk menghadapi situasi tersebut, gunakan sabun mandi dari Biodef yang memiliki kandungan alami di dalamnya serta mampu melembabkan kulit secara mendalam. Gunakan sabun mandi Mint + Green Tea dengan wangi teh hijau di dalamnya yang membuat tubuh menjadi lebih relax dan tenang. Sabun ini juga lebih lembut dan aman digunakan untuk si kecil dan keluarga dirumah. Moms bisa mencoba varian lain juga lho yakni Body Wash Mint + Yuzu yang akan melindungi kulit dari bakteri dan virus penyebab penyakit selama 12 jam. Dapatkan segera di Shopee, Tokopedia dan Tiktok Shop official Biodef ya!

Dapatkan berbagai informasi menarik dan promo spesial untuk Moms dan keluarga di rumah dari Biodef. Daftar sekarang!