Kesehatan | 04 November 2022

Cari Tahu 3 Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Pengobatannya yang Tepat

Bagikan artikel
E-mail
Facebook
Whatsapp
Twitter
image

Beberapa waktu lalu, sosial media sedang ramai memperbincangkan terkait obat batuk dengan kandungan penyebab gagal ginjal pada anak. Hmm, padahal gagal ginjal bisa disebabkan oleh berbagai macam hal lho! Yuk cari tahu penyebab gagal ginjal pada anak di usia muda serta cara mencegah gagal ginjal dengan tepat!

Apa Itu Gagal Ginjal?

Gagal ginjal merupakan sebuah kondisi kesehatan yang disebabkan karena ginjal tidak berfungsi secara sempurna. Hal itu dapat berupa satu ginjal maupun kedua ginjal pada tubuh yang tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Ginjal yang berperan sebagai organ penting dalam tubuh tentu menjadi bagian yang jika tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi cara kerja tubuh secara keseluruhan. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring limbah dan racun yang ada dalam tubuh, jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik maka racun dan limbah pada tubuh tidak akan tersaring. 

Jenis dan Gejala Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan tahap akhir dari kerusakan ginjal yang sangat parah. Kondisi ini dapat bersifat sementara bahkan hingga menjadi penyakit yang sangat kronis. Maka dari itu gagal ginjal menjadi dua yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

1. Gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut merupakan gagal ginjal yang terjadi secara mendadak. Adapun gagal ginjal ini biasanya baru terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari. Kondisi seperti ini disebabkan akibat kurangnya aliran darah ke ginjal, kerusakan ginjal maupun penyumbatan urine pada ginjal. Adapun penyebab gagal ginjal akut pada anak akibat kurangnya asupan cairan pada tubuh atau konsumsi obat-obatan dengan kandungan kimia penyebab gagal ginjal. 

Gejala gagal ginjal pada fase awal biasanya tidak terdeteksi dan hanya bisa diketahui oleh uji laboratorium. Namun, gejala ini bisa terus berkembang cepat menjadi gejala-gejala seperti: 

  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Dehidrasi
  • Nyeri punggung
  • Sakit perut
  • Hipertensi
  • Demam, Diare, Mual dan Muntah (jika pada anak)

2. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis adalah gagal ginjal yang terjadi secara perlahan dan dalam jangka waktu yang lama. Dalam arti lain, gagal ginjal kronis adalah gagal ginjal yang sudah dialami selama lebih dari tiga bulan. Penyebab gagal ginjal kronis dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis tertentu seperti diabetes, hepatitis, cacat bawaan hingga efek konsumsi obat-obatan tertentu. Adapun gejala dari gagal ginjal kronis antara lain sebagai berikut: 

  • Penurunan kesadaran
  • Bengkak-bengkak
  • Sulit berkonsentrasi
  • Pucat 
  • Mual dan muntah 
  • Jarang berkemih

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal disebabkan oleh berbagai kondisi mulai dari hal-hal yang bersifat medis hingga akibat dari gaya hidup yang kurang baik. Berikut adalah kondisi penyebab gagal ginjal pada anak di usia muda.        

1. Gagal ginjal yang disebabkan hilangnya aliran darah ke ginjal

Seperti organ tubuh lainnya, ginjal butuh alirah darah untuk dapat berfungsi dengan baik. Hilangnya alirah darah ke ginjal secara tiba-tiba dapat membuat ginjal berhenti berfungsi dan menyebabkan gagal ginjal akut. Alirah darah ke ginjal ini dapat berkurang disebabkan oleh berbagai macam hal seperti dehidrasi (kurang minum), pendarahan, serangan jantung, shock berat hingga efek dari konsumsi obat anti inflamasi. Untuk itu penting bagi kamu dan si buah hati untuk selalu menjaga minum 2 liter per hari agar alirah darah ke ginjal dapat terus lancar. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ginjal-mu ya!

2. Gagal ginjal karena adanya kerusakan pada ginjal

Menurut National Kidney Foundation, kerusakan pada ginjal dapat disebabkan oleh cedera fisik atau gangguan kesehatan jangka panjang. Namun kerusakan ini akan terjadi secara bertahap hingga mengakibatkan ginjal tidak berfungsi total yakni seperti gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronis. Pola hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan gagal ginjal antara lain seperti jarang minum air putih (dehidrasi), sering makan makanan olahan, sering konsumsi obat penghilang rasa sakit hingga konsumsi berlebihan pada asupan gula dan asupan daging per hari nya. Selalu perhatikan pola hidup kamu tiap hari ya dan hindari makan makanan serta minuman penyebab gagal ginjal agar terbebas dari penyakit akibat kerusakan ginjal! 

3. Gagal ginjal yang disebabkan oleh kesulitan buang air kecil

Ginjal sebagai organ metabolisme untuk mengeluarkan sisa metabolisme yakni urine merupakan organ yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Gangguan ginjal dalam memproduksi urine hingga menyebabkan kesulitan buang air kecil dapat berakibat pada gagal ginjal akut bahkan hingga kematian. Anuria (kencing tidak keluar) perlu segera diobati untuk menghindari gagal ginjal akut akibat hal tersebut. Oleh sebab itu, Moms perlu untuk memperhatikan frekuensi kencing pada anak tiap hari untuk menjadi tolak ukur ginjal anak pada usia muda masih tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Pengobatan Gagal Ginjal

Apakah gagal ginjal bisa sembuh? Jawabannya adalah, bisa. Gagal ginjal dapat sembuh dengan melalui berbagai pengobatan yang dianjurkan sesuai dengan kondisi kesehatan kita saat mengidap gagal ginjal tersebut. Kini sudah banyak pengobatan medis yang dapat mencegah gagal ginjal akut hingga mengatasi gagal ginjal kronis. Mulai dari perawatan konservatif hingga perawatan tertentu yang dapat mencegah komplikasi hingga merawat ginjal hingga sembuh. Jaga selalu ginjal kamu dan keluarga ya! Terapkan pola hidup sehat dan selalu cuci tangan sebelum makan dengan Sabun cuci tangan Biodef Mint + Yuzu atau Sabun cuci tangan Biodef Mint + Green Tea yang bisa kamu dapatkan di Tokopedia atau Tiktok Shop

Dapatkan berbagai informasi menarik dan promo spesial untuk Moms dan keluarga di rumah dari Biodef. Daftar sekarang!