Lifestyle | 06 April 2022

Tahun Pertama Anak Berpuasa? Begini Cara Mengajarinya!

Bagikan artikel
E-mail
Facebook
Whatsapp
Twitter
image

Memasuki bulan Ramadan, para umat Muslim mulai berlomba-lomba berbuat kebaikan. Selain menunaikan ibadah puasa yang wajib, kita juga bisa menciptakan kenangan manis bersama keluarga. Salah satu kenangan itu bisa tercipta ketika para orangtua mulai mengajari anak puasa di tahun pertamanya.

Begini tips melatih anak berpuasa di tahun pertamanya

Sejak usia dini, kita harus mengajarkan kebiasaan baik kepada buah hati kita. Salah satu cara membangun karakter positif itu bisa melalui ajaran agama.

Apakah ini tahun pertama anakmu berpuasa Smart Moms and Dads? Kalau iya, kalian bisa simak 5 tips menarik untuk melatih anak berpuasa. Yuk, simak pembahasannya!


1. Coba berpuasa setengah hari terlebih dahulu

Kiat yang pertama adalah untuk mengajarkan anak berpuasa setengah hari. Cara ini penting banget supaya anak gak kaget ketika baru mulai belajar berpuasa.

Ajak anak ikut sahur bersama keluarga, lalu minta dia untuk berpuasa hingga tengah hari. Ketika waktu makan siang tiba, perbolehkan dia untuk membatalkan puasanya. Dengan begitu, secara bertahap jagoan kecil kalian akan semakin jago berpuasa!.


2. Ajari anak tentang makna indah puasa

Anak kecil biasanya dibekali dengan hasrat ingin tahu yang tinggi. Sebagai orangtua, kita perlu sabar untuk menjawab rasa penasaran mereka.

Hal ini juga berlaku bila si kecil mulai menanyakan alasan mengapa ia harus berpuasa. Sambil quality time, Moms and Dads  bisa menjabarkan apa saja sih makna serta hikmah dari ibadah puasa Ramadan yang kalian jalani bersama.


3. Mulai dengan puasa jajan

Biasanya, gampang-gampang susah untuk membiasakan anak lepas dari jajanan kegemarannya. Karena itu, sebagai bahan latihan, orangtua bisa coba praktikkan puasa jajan.

Tujuan dari latihan ini adalah agar anak bisa terbiasa menahan hawa nafsunya dan memperbaiki pola makan yang kurang sehat. Tapi, ingat untuk melakukannya secara pelan-pelan saja ya, Moms and Dads!


4. Menyiapkan makanan berbuka dengan menu favoritnya

Setelah berhasil menunaikan ibadah puasa seharian, beri rewards kepada buah hati dengan menghidangkan makanan favoritnya. Dengan cara itu, ia akan merasa lebih bersemangat untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Jadikan momen berbuka puasa terasa spesial untuknya. Moms juga bisa memanfaatkan momen menyiapkan takjil sebagai aktivitas bonding, lho! Si kecil pasti senang bisa membantu Moms tersayangnya.

Sebelum mempersiapkan takjil dan menyantap hidangan berbuka, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan air bersih dan sabun cuci tangan. Pilih sabun cuci tangan antiseptik seperti ‘Biodef Mint + Yuzu Hand Wash’. Diperkaya dengan bahan alami serta essential oil yang lembut di kulit, sabun cuci tangan ini aman buat kulit sensitif. Kandungannya juga 99.9% intensif ampuh lawan kuman dan bakteri!


5. Jadikan suasana ngabuburit lebih seru dengan beraktivitas bersama keluarga

Ngabuburit adalah salah satu tradisi di bulan suci Ramadan yang gak boleh dilewatkan! Apalagi buat tahun pertama si kecil belajar berpuasa.

Biasanya, kegiatan ngabuburit dilaksanakan pada sore hari menjelang waktu berbuka. Dalam momen itu, Ayah dan Bunda bisa merancang satu aktivitas seru bersama. Hal ini penting banget untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa haus atau lapar yang mendera.

Ada banyak ide kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Mulai dari jalan kaki keliling area perumahan, olahraga ringan, main board games, nonton film, sampai mengaji bersama.


Itu dia 5 cara jitu untuk mengajarkan anak berpuasa di tahun pertamanya. Semoga aneka tips and trick di atas bisa Moms and Dads coba langsung tahun ini, ya! Ramadan ini pasti menjadi memori istimewa untuk keluarga kecil kalian yang bahagia.

Dapatkan berbagai informasi menarik dan promo spesial untuk Moms dan keluarga di rumah dari Biodef. Daftar sekarang!